Menelisik Lebih Jauh Sosok Herman Pambahako, S.H Bakal Calon Bupati Konsel
SELAMAT DATANG DI WEBSITE DIRGANTARANEWS.COM AKURAT DALAM MENGUPAS FAKTA

Iklan Semua Halaman

Menelisik Lebih Jauh Sosok Herman Pambahako, S.H Bakal Calon Bupati Konsel

DIRGANTARA
Senin, 22 April 2024




DirgantaraNews.Com
,.Konsel - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan segera dilaksanakan pada bulan November mendatang. salah satu daerah yang akan ikut kontestasi yakni Kab. Konawe Selatan (Konsel) Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra). senin 22/04/2024


para kandidat sudah gencar melaksanakan sosialisasi dipesolok desa bahkan alat peraga sudah mulai nampak di pinggir jalan.


Herman Pambahako, SH biasa dipanggil Bang HP adalah salah satu Kandidat yang sudah menyatakan maju sebagai Calon Bupati Konawe Selatan periode 2025-2030. siapa dan dari mana Sosok Herman Pambahako ini?


berdasarkan Curriculum Vitae (CV)nya, Herman Pambahako ini lahir di Wia-Wia Kec. Laonti Kab. Konawe Selatan pada 13 September 1981. ia menamatkan Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Ulusawa pada tahun 1994. setelah itu ia lanjut di SLTP Negeri 2 Moramo dan tamat pada tahun 1997.


kemudian setelah tamat SLTP. ia memberanikan diri sekolah di Kota Kendari di SMU 2 Kendari dan tamat pada tahun 2000. tak sampai disitu saja, Herman Juga tetap gigih menempuh pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi di Universitas Halu Oleo Kendari Jurusan Hukum Pidana.


saat berstatus mahasiswa ia aktif diberbagai organisasi kampus seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). ia juga dipercayakan menjadi Ketua Umum HMI Komisariat Hukum Unhalu periode 2002-2003 dan menjadi Pengurus HMI Cabang Kendari Periode 2003 – 2005.


pada tahun 2007 ia menyelesaikan studinya dengan gelar Sarjana Hukum. masih ditahun yang sama, Herman kembali terpilih menjadi Ketua Umum Taman Pemuda Mahasiswa Tolaki (TAMALAKI) Sultra untuk Periode 2007-2010.


TAMALAKI Sultra ini merupakan organisasi paguyuban Pemuda Suku Tolaki di Sulawesi Tenggara yang aktif di kampus dengan tujuan membentuk karakter kepemimpinan dengan mengedepankan intelektualitas

Pada tahun 2009 Kota Kendari melaksanakan Pemilihan Walikota. saat itu sangat ketat persaingan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) namun lagi-lagi Herman berhasil lolos sebagai Anggota PPK Kec. Wua-Wua Kota Kendari.


setelah pemilihan Walikota usai, HP bersama rekan Pemuda dan Mahasiswa Konawe Selatan membentuk organisasi Himpunan Pemuda-Pelajar Konawe Selatan (HMPPKS) sebagai Wadah perkumpulan dan Diskusi dan ia dipercayakan menjadi Wakil Ketua HMPPKS sampai pada tahun 2011.


setelah tidak aktif menjadi Ketua Umum TAMALAKI, pada tahun 2011 Herman Pambahako menjadi pendamping Program Sanitasi berbasis Masyarakat (SANIMAS) sampai tahun 2013 di Kota Kendari.


pada tahun 2013 sampai tahun 2016 ia kembali di percayakan menjadi Wakil Ketua DPD KNPI Prov. Sultra yang diketuai oleh Hidayatullah, SP (Mantan Ketua KPU Sultra).


Selanjutnya, pada tahun 2017-2018 ia tugaskan lagi menjadi pendamping program Sanitasi berbasis Masyarakat (SANIMAS) di Kab. Kolaka.


Pada Tahun 2018, PT. Gerbang Multi Sejahtera (GMS) resmi beroperasi di Kec. Laonti, pihak Perusahaan yang bergerak dibidang Nickel ini mempercayakan Herman Pambahako menjadi Humas sampai tahun 2019.


kemudian pada Pemilu tahun 2019, Herman menjadi salah satu Calon Anggota DPRD Dapil 5 Konsel melalui Partai PDI Perjuangan. Alhasil, ia meraup 1.960 suara sekaligus mengantarkan dirinya lolos sebagai Anggota DPRD Konsel Periode 2019-2024 sekaligus menjadikan dia sebagai perolehan suara terbanyak di Dapil 5 Konsel.


di DPRD ia aktif memperjuangkan program di Kec. Laonti, secara umum di Konawe Selatan. bahkan sering kali bersitegang antara dirinya dengan Pimpinan DPRD didalam forum Paripurna demi mempertahankan aspirasi masyarakat Konawe Selatan.


berkat karakter kepemimpinan yang ia miliki, Herman juga dipercayakan menjadi Ketua Komisi 3 DPRD Konawe Selatan.


pada tahun 2024 iya kembali mencalonkan diri menjadi Anggota DPRD Konsel di Partai yang sama, yakni PDI Perjuangan. Alhasil, perolehan suaranya mencapai 4.200  sekaligus menjadi pemenang kedua suara terbanyak Se- Kabupaten Konawe Selatan Periode 2024-2029 dari 35 Anggota DPRD Konsel yang terpilih.


di Pemilihan Bupati Konsel yang akan datang dirinya terlihat sangat siap untuk ikut bertarung. ia sudah mendaftar di Partai PDIP, Partai Demokrat dan Partai Hanura.